Tim Jiran Gabung Persipura di Fase Grup Piala AFC, Media Malaysia: Grup Maut

Media Malaysia menyebut kehadiran Persipura di fase grup Piala AFC 2021 membuat klub negeri itu sulit lolos menuju fase berikutnya. AFC akhirnya meresmikan keikutsertaan Persipura Jayapura di fase grup Piala AFC 2021. Persipura Jayapura pada mulanya diharuskan melewati babak play off melawan pemenang antara Visakha (Kamboja) dan Lalenok United (Timor Leste).

Namun, pengunduran diri klub klub Myanmar membuat Piala AFC 2021 memiliki slotkosong di fase grup. AFC pun memilih Persipura sebagai klub yang melenggang langsung ke fase grup Piala AFC 2021. Dalam situs resmi AFC, klub Mutiara Hitam ditempatkan di Grup H.

Grup H tersebut berisi Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors FC (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam). Laga di Grup H akan digelar pada 29 Juni hinga 5 Juli secara terpusat di Stadion Nasional Singapura. Kelolosan "gratis" Persipura di atas rupanya memantik respons dari negara tetangga, Malaysia.

Malaysia mengirim dua klub di Piala AFC 2021, yakni Terengganu FC dan Kedah Darul Aman. Media Malaysia, Vocket FC , menyebut grup yang dihuni Kedah Darul Aman dan Persipura sebagai "grup maut". "Grup H ini bisa dikatakan sebagai 'grup maut' dalam fase grup Zona ASEAN, jika melihat daftar pasukan yang mengisi grup itu," tulis Vocket FC (27/4/2021).

Terengganu FC pun dinilai bakal mendapat grup lebih mudah dibanding Kedah Darul Aman. "Terengganu bisa dikatakan memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke fase berikutnya dibanding pasukan Kedah, berdasarkan kualitas klub klub yang ada di grup masing masing." Skuat Persipura yang diasuh Jacksen F Tiago itu sedang berlatih di Surabaya untuk bersiap mengarungi Piala AFC 2021.

Mereka memilih tak berpartisipasi di turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dan sedang mengagendakan laga uji coba. "Tim seperti Bhayangkara (Solo FC), Persebaya, dan Arema akan menjadi lawan yang mungkin," ujar Jacksen (27/4/2021). Saat ini, Persipura masih diperkuat sejumlah pemain bintang seperti Boaz Solossa dan Todd Rivaldo Ferre.

Leave a Reply

Your email address will not be published.