Apa Itu Quartz Movement

Apa Itu Quartz Movement

Jam tangan terdiri dari beberapa komponen seperti misalnya bagian rangka, bagian tali dan juga bagian movement atau bagian mesin. Masing-masing memilki keterhubungan dan saling melengkapi satu sama lain.

Dalam setiap bagian terkadang terdapat beberapa komponen atau model yang berbeda. Seperti misalnya bagian tali jam yang mempunyai beragam model gaya tali, bahan dan jenis ikatan pada ujungnya.

Begitupun halnya dengan bagian mesin jam, setidaknya ada 3 jenis movement yang biasa digunakan pada jam tangan diantaranya adalah quartz movement, kinetic movement dan automatic movement.

Lalu, apa itu Quartz Movement dan apa perbedaannya dengan movement jenis lainnya. Dalam artikel ini kita akan membahasnya secara singkat jelas dan padat.

 

Tentang Quartz Movement

Di tahun 1969, produsen jam tangan asal Jepang mengeluarkan jam Quartz Movement pertama yang dinamai Astron. Terobosan ini pun cukup mengguncangkan industri pembuatan jam yang saat itu kebanyakan masih menggunakan mecanic movement.

Pada sistem penggerak quartz energi dapat berasal dari baterai atau dari energi apapun untuk kemudian nanti dikonversikan kedalam energi listrik. Nah, energi inilah yang nantinya akan menggerakan quartz pada frekuensi tertentu pada kristal sehingga menggerakan gerigi roda jarum.

Setiap getaran pada kristal quartz nantinya dikontril oleh chip kecil. Ini akan membuat getaran yang konsiten dan presisi, maka dari itu tidak aneh kalau banyak yang mengatakan jam dengan quartz movement memiliki tingkat keakuratan waktu yang tinggi dibandingkan jenis lainnya.

Adapun, jam dengan mesin quartz harus menggunakan tenaga baterai agar tetap hidup, jika baterai habis maka harus dilakukan penggantian baterai agar mesin tetap berjalan.

Namun, pada prakteknya energi mesin quartz tidak terbatas pada penggunaan baterai, ia bisa menggunakan energi cahaya, energi mekanik dari putaran rotor ataupun tenaga atomik. Seiring perkembangan waktu para ahli jam terus mengembangkan teknologi pada mesin quartz agar dapat digunakan secara efektif dan juga efisien.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang quartz movement, semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.