Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

bpjs ketenagakerjaan

BPJS ketenagakerjaan adalah sebuah layanan asuransi jaminan bagi para pekerja di Indonesia untuk mempersiapkan hari tua. Asuransi tersebut dapat dicairkan ke semua pekerja yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya ataupun ketika pekerja terkena PHK dari perusahaan.

Untuk dapat melakukan proses pencairan BPJS ketenagakerjaan, sebenarnya di sini dapat dilakukan dengan cara yang mudah, asalkan di sini Anda mencari tahu informasi mengenai syarat yang dibutuhkan, serta bagaimana mekanisme pencairan BPJS ketenagakerjaan yang benar. Untuk mengetahuinya, maka Anda perlu membaca ulasan berikut ini hingga tuntas.

Bagaimana Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan?

 

Untuk dapat mencairkan BPJS ketenagakerjaan, maka berikut ini adalah dokumen persyaratan yang harus Anda persiapkan, yang meliputi antara lain yaitu:

  • Foto peserta BPJS ketenagakerjaan.
  • Buku tabungan.
  • Formulir yang sudah diisi dengan lengkap serta benar dan juga ditandatangani di atas materai.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan.
  • Fotokopi kartu tanda penduduk dan aslinya.
  • Fotocopy kartu peserta tenaga kerja dan asli

Cara pencairan BPJS ketenagakerjaan ini bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Jika Anda ingin melakukannya dengan cara offline, maka Anda perlu mendatangi kantor BPJS ketenagakerjaan secara langsung. Namun penting untuk Anda ingat agar selalu mengikuti arahan protokol kesehatan.

Langkah pertama di sini Anda mendaftarkan diri melalui layanan antrian online. Kemudian Anda datang sesuai dengan tanggal dan juga jam yang telah ditentukan.

Jika di sini Anda sudah sampai di kantor BPJS ketenagakerjaan, maka Anda selanjutnya perlu mengambil nomor antrian dan membawa semua dokumen.

Mengisi formulir pengajuan klaim yang didapat dari petugas dengan lengkap dan juga jujur selanjutnya Anda tinggal memberikan berkas atau dokumen yang Anda bawa.

Petugas nantinya akan melakukan pemeriksaan mengenai seluruh dokumen yang Anda bawa, apakah memang sudah lengkap, sesuai atau belum. Jika dokumen tersebut telah lengkap, maka peserta nantinya akan memperoleh nomor antrian untuk menuju bagian petugas guna melakukan pengajuan klaim.

Setelah itu nantinya petugas akan melakukan pengecekan kembali, jika dianggap telah sesuai Anda akan memperoleh tanggal untuk pencairan saldo JHT yang akan dikirim ke rekening Anda. Biasanya masa tunggu berkisar antara 1 hingga 2 minggu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.