Ketahui 5 Makanan yang Tinggi akan Lemak Jenuh Ini

Untuk menjaga kadar lemak dalam tubuh Anda, menggunakan alat pengukur lemak tubuh Omron saja tidak cukup. Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis makanan tinggi lemak jenuh. Dengan begitu, Anda membantu diri untuk hidup lebih sehat dengan membatasi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh.

5 Makanan ini Tinggi Lemak Jenuh

Secara alamiah tubuh kita membutuhkan lemak jenuh yang kandungannya terdapat pada berbagai makanan. Namun, mengkonsumsi makanan tinggi lemak jenuh secara berlebihan juga tidak bagi bagi kesehatan terutama mereka yang memiliki riwayat stroke atau penyakit jantung.

Selengkapnya tentang contoh makanan tinggi lemak jenuh, simak berikut ini.

1. Es Krim

Rasanya yang manis, dingin dan menyegarkan membuat es krim disukai banyak orang. Tapi tahukah Anda jika kandungan lemak jenu dan kalori dari es krim cukup tinggi?

Seperti segelas sundae yang mengandung 38 gram lemak jenuh. Total lemak jenuh tersebut setera dengan Caesar salad atau kentang panggang saum krim.

2. Daging Merah

Para pecinta daging merah nampaknya harus mengurangi porsi makannya jika tidak ingin terserang stroke atau serangan jantung di masa depan. Contohnya 100 gram daging sapi tanpa lemak yang kandungan lemak jenuhnya mencapai 4,5 gram.

Bayangkan berapa banyak jumlah lemak jenuh dari daging sapi dengan lemak bisa jadi jauh lebih tinggi dari 4,5 gram. Walaupun konsumsi daging sapi sudah menjadi favorit di rumah usahakan untuk membatasi porsi dan intensitasnya setiap bulan agar tidak berlebihan.

3. Minyak Kelapa

Jika kita membandingkannya dengan berbagai jenis minyak atau lemak, kandungan lemak minyak kelapa yang paling tinggi. Bila disuruh memilih antara lemak sapi, lemak babi, minyak kelapa dan mentega hindarilah memilih minyak kelapa.

Kandungan lemak jenuh minyak kelapa 1 sdm adalah 12 gram. Jumlah tersebut sangat fantastis yang kemudian membuat berbagai makanan olahan minyak kelapa juga tinggi lemak jenuh.

4. Makanan Panggang

Sedang menghindari konsumsi makanan berminyak tapi bukan berarti Anda bisa makan makanan panggang secara berlebihan. Nyatanya, banyak makanan panggang yang tinggi lemak jenuh seperti brownies, cookies dan sebagainya.

Jumlah lemak jenuh 100 gram brownies panggang adalah 10,64 gram. Anda yang hobi makan brownies sebaiknya mengubah resep dengan mengukusnya saja.

5. Cokelat Hitam

Konsumsi cokelat hitam memang baik untuk mengubah mood menjadi lebih baik namun kandungan lemak jenuhnya yang tinggi membuat makanan ini tidak baik dikonsumsi berlebihan. Kurangi kebiasaan membuat cokelat hangat, kue cokelat atau berbagai hidangan lain dari cokelat hitam.

Jika terus memaksakan diri mengkonsumsi makanan ini tidak mustahil kadar lemak jenuh dalam tubuh Anda akan terus meningkat. Hal yang sepatutnya dihindari terutama setelah memasuki usia dewasa.

Selain membatasi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, solusi sehat lainnya adalah mengukur lemak tubuh menggunakan produk yang tepat.  Contoh produknya yaitu Pengukur Komposisi Tubuh HBF-375 dari Omron yang tidak hanya efektif mengukur berat badan dan otot skeletal tapi juga mampu mengukur lemak tubuh dengan akurat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.